Bagaimana Caranya Agar Blog Ramai Pengunjung? Sedikit Pertanyaan Segudang Jawaban

Pertanyaan diatas mungkin pernah ditanyakan oleh seorang blogger (termasuk saya), terutama blogger pemula (saya lagi). Tapi arahnya kemana? Banyak pengunjung seperti apa, pakai cara apa, bagaimana dan tujuannya apa? Banyak yang kurang mendalami karena fokusnya bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog.

Jadi, yang tadi tujuannya membuat blog karena hobi menulis dan ingin mendapat penghasilan, berubah fokus jadi ingin memperbanyak pengunjung, dan meninggalkan bagian paling penting dari sebuah blog.

Apakah banyak pengunjung menjamin pendapatan blog juga banyak? Tidak. Buktinya ada blog saya yang hanya mendapatkan 2 sampai 5 klik/1000 tampilan. Lumayan kalau CPC-nya $1, ini cuma $0,01.

Bagaimana Caranya Agar Blog Ramai Pengunjung?

Memang banyak faktor yang mempengaruhi banyak pengunjung yang datang, juga banyak cara untuk mendapatkan itu semua. Tapi enggak saya jelaskan disini, soalnya lagi malas nulis panjang-panjang, karena saya tahu cuma sedikit blogger yang mau baca artikel dari awal sampai akhir.

Saya kasih informasi yang umumnya saja, yang akar-akarnya kapan-kapan saja. Dibaca saja, dienakin saja ya..

Artikel nyawa sebuah blog

Kalau ada newbie yang juga bertanya kepada saya (newbie juga), saya terus menyebut soal artikel. Artikel adalah nyawa sebuah blog, jangan harap banyak pengunjung jika artikel masih sedikit. Tapi ada kok bang blog teman saya artikelnya 10 pengunjung unik (UV) 500/hari.

Ya, saya juga punya blog yang isinya 4 artikel pengunjung 500/perhari, pakai blogspot lagi.

Tapi blog seperti apa, topiknya apa, kompetitornya sekuat apa? Sekali lagi, banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Paling penting untuk blog baru, rutin tulis 5 artikel setiap hari, jangan habiskan waktu untuk belajar SEO, baca-baca tutorial blogging yang ujung-ujungnya turun temurun yang dibahas itu-itu saja.

Tapi bukan berarti enggak boleh belajar, silahkan yang penting kita tahu dasar, maksud dan tujuan intinya. Rajin tulis artikel, lakukan eksperimen sendiri karena itu lebih baik.

Waktu

Selain artikel, banyak pengunjung juga soal waktu, apalagi jika ingin mendapatkan pengunjung dari search engine. Untuk blog baru sebaiknya rajin menulis saja dulu, pelan-pelan saja, nggak usah membabi buta nulis dan cari backlink.

Santai saja, nikmati proses dan kegiatan menulis. Setelah itu, di umur blog dua minggu sudah bisa cari backlink dari sosial media.

Umur satu bulan rajin blogwalking untuk mencari backlink, karena bagaimanapun backlink masih menjadi faktor penting dalam SEO, roket pendorong yang kuat. Jika punya dana lebih bisa membeli backlink atau menggunakan tool berbayar. Dan, tetap natural yaa..

Pentingnya waktu terkadang membuat orang memilih untuk membeli aged domain daripada membeli yang baru. Ini bisa membuktikan bahwa semakin berumur sebuah blog semakin baik, kecuali cewek kece yang selalu di tv, semakin berumur semakin...parah lah pokoknya.

Dua poin diatas sepertinya sudah cukup untuk saat ini. Paling penting rajin-rajinlah mengisi blog kamu dan fokus dulu pada satu blog. Boleh banyak, tapi alangkah baiknya traffic blog yang pertama seperti yang diinginkan dulu, baru tambah yang baru.

Paling sulit itu mengontrol diri, kadang kebanyakan membaca jadi kurang produktif, ini belum termasuk utak atik template, apalagi keinginan dan anggapan banyak blog banyak penghasilan. Memang semuanya perlu kita lakukan, tapi harus dengan manajemen waktu yang tepat.

Duh, rasanya pengen nulis lebih banyak dan lebih panjang lagi, tapi sampai disini dulu ya, kapan-kapan disambung lagi. Happy blogging.

Comments

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan