Sejumlah Fakta Unik Tentang Pluto, Mantan Planet Tata Surya Kita

ADYKENZIE.com - Sejak tahun 2006 si bungsu Pluto sudah di pecat dari jajaran planet tata surya kita. Berita ini sempat mengejutkan dunia antariksa. Pemecatan Pluto oleh International Astronomical Union (IAU), sebuah kelompok yang memberi nama bagi Planet paling jauh ini memberikan alasan bahwa orbit Pluto menyalahi aturan orbit planet.

Orbit Pluto disebut tidak beraturan, Pluto memiliki orbit berbentu oval dianggap menyimpang dan bersinggungan dengan orbit planet lain. Oleh sebab itu, Pluto dikeluarkan dari sistem tata surya kita karena dianggap hanya planet kecil dan hanya sebagai benda angkas biasa.

Pluto ditemukan pada 18 Februari 1930 oleh Clyde Tombaugh di Arizona, Amerika Serikat. Mantan planet bungsu tersebut berukuran cukup kecil dan hanya selebar benua amerika. Terdiri dari 2/3 batuan dan 1/3 es. Suhu di planet tersebut mencapai -230 derajat Celcius.

Sejumlah Fakta Unik Tentang Pluto, Mantan Planet Tata Surya Kita

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang planet ini. Berikut fakta-fakta unik mengenai Pluto yang dikutip dari laman NASA.

1. Pluto dan Gadis Kecil

Nama Pluto ini diberikan oleh seorang gadis berusia 11 tahun bernama Venetia Burney. Gadis asal Oxford tersebut mengusulkan kepada kakeknya untuk menggunakan nama dari dewa alam bawah dari mitologi Romawi. Kakeknya lalu mengajukan nama tersebut ke Lowell Observatory dan terpilih.

2. "Kamu tidak gendut, kamu hanya salah planet!"

Jika seseorang memiliki berat badan 30 kg, maka ia hanya akan memiliki berat badan 2 kg jika ia tinggal di Pluto!

3. 284 tahun Bumi

Kita harus menunggu selama 248 tahun waktu bumi untuk berulang tahun! Pluto memiliki periode revolusi setiap 248 tahun sekali dan periode rotasi selama 6,4 hari waktu bumi.

4. Ingin ke Pluto?

Perjalanan dari Bumi ke Pluto sekitar 9 tahun loh guys. Pesawat Nirawak milik NASA bernama New Horizons diluncurkan untuk meneliti mengenai Pluto pada Januari 2006. Pada pertengahan musim panas di 2015, pesawat tersebut tiba di sekitar Pluto dan bulannya. Perjalanan New Horizons merupakan perjalanan terjauh yang penah ditempuh NASA selama meneliti mengenai angkasa luar.

Pesawat nirawak yang hanya seukuran piano dengan berat 453 kg tersebut berhasil mematahkan mitos-mitos mengenai Pluto. Salah satunya mengenai warna planet kerdil tersebut yang ternyata merah, bukan biru. Kini New Horizons sedang mempelajari mengenai Kuiper Belt.

5. Bulan Pluto berputar lebih cepat

Pluto memiliki lima satelit atau bulan yaitu Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx. Bulan dari Pluto ini berputar lebih cepat daripada bulan planet manapun.

6. Pernah lebih dekat ke matahari daripada Neptunus

Pluto berjarak 30 sampai 49 satuan astronomi atau (4,4-7,3 miliar km) dari matahari. Oleh karena itu, ada saatnya Pluto dapat berjarak lebih dekat dengan matahari dibandingkan Neptunus.

Nah, itulah fakta-fakta mengenai Pluto sebagaimana dilansir dari pikiran-rakyat.com. Sekarang ia sudah jadi mantan guys, yang namanya mantan harus diikhlaskan, biarkan berlalu.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan