Cara Sederhana Menghemat Baterai Xiaomi

ADYKENZIE.com - Cara menghemat baterai hp Xiaomi sebenarnya sangat mudah karena Xiaomi juga menyediakan fitur penghemat baterai seperti pada smartphone lainnya. Hanya saja dengan menggunakan fitur tersebut beberapa akses dibatasi, terkadang tanpa kita ketahui.

Meskipun Xiaomi memberikan baterai berkapasitas besar pada setiap smartphone mereka. Namun, kita tetap harus menghemat baterai, terutama bagi kamu yang menggunakan Xiaomi Redmi 2/Prime yang memiliki kapasitas baterai lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe Xiaomi lainnya. Bagaimana sih cara menghemat baterai Xiaomi? Apakah butuh aplikasi tambahan? Tidak, aplikasi tambahan seperti aplikasi pembersih (clean) gitu hanya menambah beban smartphone.

Haruskah memasang aplikasi penghemat baterai? Tidak perlu, aplikasi penghemat baterai sama saja dengan aplikasi pembersih yang menambah beban smartphone sehingga menjadi berat dan menghabiskan banyak daya.

Cara Sederhana Menghemat Baterai Xiaomi

Disini saya akan berbagi tips menghemat baterai Xiaomi berdasarkan cara penggunaan dan memanfaatkan fitur yang ada pada Xiaomi.

Sebelumnya kenali dulu apa saja yang membuat boros baterai smartphone, terutama Xiaomi.
  • Penggunaan data seluler
  • Aplikasi yang berjalan di background
  • Konektivitas (WiFi, Bluetooth, GPS)
  • Bermain game
Cara menghemat baterai Xiaomi
  • Buka aplikasi Keamanan
  • Pilih Penggunaan Data
  • Lihat Statistik penggunaan data untuk melihat aplikasi yang banyak menggunakan data
  • Kembali, dan pilih Batasi penggunaan data, matikan aplikasi yang banyak menggunakan data tadi
Cara lain menghemat baterai Xiaomi
  • Buka aplikasi Keamanan
  • Pilih Baterai
  • Aktifkan Penghemat baterai
  • Kembali, dan pilih Penghemat baterai apl
  • Pilih salah satu aplikasi dan pilih Penghemat baterai MIUI (disarankan). Bisa pula pilih Batasi apl latar belakang untuk aplikasi yang kurang penting atau jarang digunakan
Tips menghemat baterai Xiaomi

Selain cara diatas, saya masih punya tips untuk menghemat baterai Xiaomi yang boros. Misalnya mematikan data seluler pada koneksi internet yang tidak stabil. Bisa pula dengan cara mengurangi aktivitas aplikasi yang berjalan di background dengan menutup recent apps setelah selesai menggunakan atau mengakses aplikasi.

Memasang aplikasi seperlunya saja. Jangan mentang-mentang memori smartphone kamu gede lantas kamu menginstall banyak aplikasi sehingga penuh dengan aplikasi yang jarang digunakan. Aplikasi tersebut akan terus mengakses jaringan, sistem tetap bekerja untuk aplikasi tersebut sehingga semakin banyak aplikasi maka akan semakin banyak pula daya yang dibutuhkan.

Tidak heran jika smartphone yang memiliki sedikit aplikasi akan lebih hemat dalam mengkonsumsi daya. Cara lain juga bisa dengan mematikan kecerahan layar otomatis. Tidak bisa dipungkiri bahwa layar menjadi bagian yang paling banyak menggunakan daya baterai, apalagi jika kecerahan otomatis diaktifkan dan kecerahan berubah tanpa kita sadari.

Memang tidak salah mengaktifkan pada kondisi cahaya yang stabil. Namun, apabila diaktifkan pada kondisi cahaya yang berubah maka konsumsi daya oleh layar akan meningkat.

Waktu tidur layar juga perlu diperhatikan, saya sendiri biasa mengatur waktu tidur setelah 15 detik saja, maksimal 30 detik agar layar cepat mati setelah digunakan.

Menghemat bateri Xiaomi memang mudah, cukup kamu pahami penyebab baterai Xiaomi boros seperti yang saya jelaskan diatas. Jika kamu paham, maka akan mudah untuk kamu menghemat baterai hp Xiaomi yang kamu miliki.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan