Berawal dari Iseng, Ternyata Bisa Menghasilkan Rp 7,5 Juta Per Bulan

Halo sobat, kali ini saya mau cerita sedikit tentang kisah sedikit. Semoga bisa menjadi inspirasi banyak orang. Sebelum mencari tahu ada apa sebenarnya, saya sarankan sobat membaca semua tulisan saya ini tanpa terpotong, tanpa tertinggal satu kata pun. Disini saya akan berbagi cerita bagaimana keisengan bisa menghasilkan uang.

Sobat ada yang ingin jadi Youtuber? Saya yakin pasti ada, minimal satu orang meskipun dalam pikirannya mengatakan jadi youtuber itu harus punya modal besar. Ya, menjadi youtuber itu mahal bagi sebagian orang. Mereka ingin membuat video tapi tidak memiliki peralatan, bahkan tidak memiliki kamera sekelas Canon DSLR. Sama, saya pun tidak memiliki kamera seperti itu. Tapi, menghasilkan video yang bagus itu tidak selalu harus menggunakan kamera mumpuni, laptop serta peralatan dengan harga selangit.

Saya ingin menceritakan bagaimana menciptakan video berkualitas dengan modal smartphone. Mungkin tidak berkualitas seperti video ciptaan youtuber terkenal yang sudah memiliki modal atau film pendek hasil karya profesional. Tapi, dengan menggunakan smartphone sobat bisa menghasilkan video yang memiliki nilai jual atau video yang menghasilkan uang. Tidak kalah dengan video yang sering sobat tonton di youtube.

Berawal dari Iseng, Ternyata Bisa Menghasilkan Rp 7,5 Juta Per Bulan

Berawal dari iseng mengulas sebuah aplikasi, membuat dokumentasi ketika bermain game di smartphone. Saya membuat video untuk di tonton sendiri atau untuk saya bagikan di blog. Ya, saya memiliki blog yang membahas tentang smartphone, aplikasi dan game, terutama Android. Jadi, jika hanya menulis tutorial teks menurut saya kurang lengkap. Lebih lengkap jika tulisan tersebut disertai dengan konten video.

Saya terus membuat video aktivitas layar smartphone yang saya gunakan. Hingga beberapa hari yang lalu seorang teman yang saya kenal lewat dunia maya bertanya. "Mas, gimana cara membuat video tutorial Android yang keren". Saya jawab, "Saya punya banyak video tutorial dan video bermain game yang belum saya upload ke Youtube, termasuk video tentang cara membuat video tutorial'. Teman saya ini langsung menawar video saya untuk dia beli.

Saya juga tertarik, saya berpikir bahwa ini hobi dan keisengan yang bisa menghasilkan uang. Saya katakan kepada teman saya tersebut soal harga per video yang saya ciptakan. Dia setuju dengan penawaran saya. Nah, agar dia tidak kecewa, saya edit video yang telah jadi, saya buat video trailer dari video tutorial tersebut dan tidak lupa saya berikan watermark. Selanjutnya saya kirim untuk menjadi pertimbangan sebelum dia membeli.

Teman saya setuju hingga dia mau membeli 5 video sekaligus dengan biaya 250 ribu. Uang yang cukup besar dari keisengan. Saya biasa membuat minimal 5 video per hari. Jika orderan seperti ini ada setiap harinya, berarti saya bisa menghasilkan Rp 7,5 juta per bulan dari iseng. Tapi, dia pesan 5 video per minggu. Lumayan, setidaknya paket internet nggak macet, bisa juga buat nambah koleksi aplikasi. Saya suka aplikasi berbayar, bukan sombong atau sok kaya. Saya butuh fitur premium yang mereka sediakan.

Saya tidak suka dengan komentar jelek tentang aplikasi oleh pengguna doyan gratis tapi pengen fitur premium. Emang ente pikir mereka menciptakan aplikasi nggak ngeluarin modal?? Duh.

Kembali kepada keisengan. Sobat mungkin sudah tahu bahwa orang yang sukses adalah orang yang bisa menangkap peluang yang ada dan bisa menciptakan peluang baru. Ya, ini adalah peluang baru dan saya tidak merasa rugi jika membagikan cerita ini. Walaupun banyak yang tidak mau berbagi ilmu takut dapat saingan. Saya beda, bagi saya rejeki tuhan yang memberikan. Setidaknya, berbagi itu amal buat saya.

Jika saya bisa menjual video yang dihasilkan dari keisengan. Mungkin sobat bisa menghasilkan yang lain dengan modal smartphone. Bukan cuma untuk gaya-gayaan, main sosmed, chatting dan aktivitas nggak jelas lainnya. Smartphone bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Cara termudah untuk memulai adalah membuat video, upload ke youtube, perbanyak penonton dan mendapatkan penghasilan.

Sobat bisa bersama teman-teman bikin film pendek. Makin banyak teman maka semakin bagus, sobat bisa mendapatkan pemain dalam film pendek tersebut dengan mudah, sobat juga bisa berbagi pengetahuan satu sama lain. Bisa juga dengan membuat video sendiri-sendiri, misalnya vlog, video tutorial atau video bermain game. Jika punya keinginan, apapun yang sobat mau pasti bisa didapatkan.

Nah, sekian dulu ya. Jika ada sesuatu untuk ditanyakan, silahkan sobat kontak saya. Ada halaman kontak dan akun sosmed saya yang bisa dihubungi. Ada waktu, dengan senang hati akan saya jawab.

Artikel Menarik Lainnya:

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan