THR Online Tahun 2016 Lebih Besar Daripada Tahun Sebelumnya

Seperti pada tahun sebelumnya, yang paling ditunggu pada bulan puasa menjelang lebaran adalah Tunjuangan Hari Raya (THR). Gaji ke-13 ini paling dinantikan, tentunya untuk orang-orang yang bekerja. Kalo nggak punya kerjaan, ya minta THR sana sini.

Setiap usaha ada hasil, yang terpenting kemauan. Ingin ini itu, usaha ini itu kalo nggak dikerjakan ya nggak jadi, nggak ada hasil.

Nah, cerita tentang THR tahun ini sedikit pahit karena sejak awal tahun saya hanya mengambil gaji bulan Januari dan Februari saja. Ya, memang tahun ini tidak bekerja full karena belum mendapatkan proyek. Jadi hanya menerima uang bulanan, bukan gaji pokok, tepatnya uang suka-suka bos, terserah mau ngasih berapa per bulan. Hehe

THR Online Tahun 2016 Lebih Besar Daripada Tahun Sebelumnya

Hasilnya lumayan juga karena saya menerima full dari awal tahun hingga Mei plus THR. Sedangkan untuk bulan Juni sepertinya masih gantung.

Yang namanya pekerja/karyawan memang harus bekerja, kalo saya hanya diam dirumah (karena nggak ada proyek). Tapi, diam bukan berarti nggak kerja karena ada banyak cara mencari uang halal tanpa harus menjadi karyawan.

Saya bekerja secara online menjadi blogger, publisher, penulis, freelancer dan lain sebagainya. Semuanya saya jalani, capek sih walaupun kerja cuma duduk di depan laptop. Tapi lebih mending karena saya nggak manjat RIG, nggak ngatur traffic dengan memegang papan merah hijau yang tertulis "Go" dan "Stop", atau nggak apalah itu namanya yang sering saya lihat.

Nggak, kerja online yang paling nyaman buat saya, dan saya merasa ini passion saya. Dan, dengan rasa syukur yang tak terhingga, penghasilan tahun ini lebih besar daripada tahun sebelumnya, terhitung sejak tahun 2014 menjadi blogger setiap hari bukan musiman lagi.

Bukan soal pamer sih, tapi karena sebuah pencapaian itu kadang butuh pengakuan publik. Kadang juga ada maksud mengajak atau membuka hati mereka yang membuang waktunya sia-sia hanya untuk kegiatan-kegiatan nggak penting. Ah sudahlah...

THR Online Tahun 2016 Lebih Besar Daripada Tahun Sebelumnya

Kembali ke cerita THR. Pendapatan pada bulan Juni ini mengalahkan pendapatan gaji saya mulai Januari-Mei dan plus THR. Mungkin masih sedikit bagi sebagian orang, tapi setidaknya masih bisa menghasilkan meski saat saya sedang tidur atau bermain bersama teman-teman.

Penghasilan terbesar dari Google, jual website, pembuatan website dan penulis. Menjual blog/website termasuk jumlah pendapatan kedua terbesar. Saya sudah menjual beberapa blog saya karena alasan pengelolaan. Saya tidak memiliki banyak waktu untuk menulis karena habis lebaran saya ada proyek hingga awal tahun mendatang.

Jadi, saya memutuskan untuk menjual beberapa blog untuk menjaga perasaan karena saya risau melihat blog yang tidak update, tidak ditulis. Selain itu, ada lagi alasan lain yang membuat saya ingin menjual beberapa blog.

Alasannya, saya punya rencana membangun network. Saya ingin jadi developer media online yang belum bisa saya sebutkan. Jika berjalan lancar dan saya mendapatkan banyak partner dari daerah saya. Maka bisnis ini akan melahirkan anak muda yang mandiri.

Rencana A mulai dikerjakan, jika tidak berjalan seperti yang diharapkan. Saya masih mempunyai rencana B. Jika rencana A menguntungkan saya dan orang-orang saya, maka rencana B hanya menguntungkan bagi saya karena saya harus bekerja sendiri.

Bagi yang menunggu dapat THR semoga cepat cair. Dan, bagi yang merasa tidak menerima apa-apa tahun ini. Cobalah untuk berbenah karena jika kita usaha kita akan mendapatkan hasil.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H. Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan