Membuat Blog Ramai Pengunjung dan Memiliki Penghasilan Tinggi

Bagaimana membuat blog ramai pengunjung? Blog saya sepi, bagaimana caranya agar blog dikunjungi banyak orang? Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh setiap blogger terutama yang baru membangun blog. Konten adalah yang utama, nyawa dari sebuah blog. Semakin baik konten sebuah blog maka semakin banyak pengunjung blog tersebut.

Lupakan tentan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang membingungkan. Awal mula saya ngeblog mungkin SEO itu penting bahkan hingga saat ini. Hanya saja SEO bukan yang paling utama kamu pikirkan agar blog ramai pengunjung. Saat ini semua udah berbeda, algoritma mesin pencari terus di update. Mereka seperti manusia yang bisa menilai mana yang bermanfaat dan mana yang kurang bermanfaat. Oleh karena itu, kualitas konten adalah yang utama.

Berikut beberapa tips yang bisa membuat blog kamu ramai dikunjungi:

Membuat Blog Ramai Pengunjung dan Memiliki Penghasilan Tinggi

Nama blog

Nama adalah identitas yang selalu di ingat. Oleh karena itu membuat nama blog yang bagus dan mudah di ingat perlu kamu pertimbangkan. Jangan hiraukan saran yang mengatakan nama blog harus mengandung keyword dan banyak yang memaksakan nama blog mengandung keyword sehingga nama jadi aneh dan susah di ingat.

Topik dan Konten

Seperti yang saya sebutkan di atas, konten adalah nyawa dari sebuah blog. Sebelum membuat konten tentunya kita harus memikirkan topik. Saya menyarankan kamu membuat  blog yang membahas satu topik saja agar blog kamu khas dan pengunjung mudah mengingat kemana mereka akan pergi ketika membutuhkan apa yang ingin mereka ketahui.

Blog yang khas

Blog yang khas biasanya terdiri dari bahasa, penyampaian kata demi kata kepada pengunjung dengan bahasa kamu sendiri. Selain itu, isi konten juga bisa di buat khas. Misalnya, setiap konten yang kamu tulis temasuk video didalamnya, sehingga pengunjung tidak mendapatkan artikel saja, mereka juga bisa menonton video. Berikan juga kepada mereka ebook gratis dan halaman khusus request jika mereka menginginkan sesuatu dari kamu.

Desain 

Blog yang memiliki desain yang indah dan tidak menyakitkan mata akan memberi nilai tambah. Buatlah blog yang sederhana namun indah dipandang. Desain blog yang memudahkan sehingga pengunjung mudah untuk mencari apa yang ingin mereka cari. Jangan membuat desain yang tidak rapi, widget bertaburan, belum lagi animasi melayang yang membosankan. Sebaiknya desain seperti itu jangan diterapkan pada blog kamu.

Blog yang cepat

Kecepatan blog erat hubungannya dengan desain. Blog yang sederhana akan lebih cepat loading-nya sehingga tidak membosankan bagi pengunjung. Tidak semua pengunjung sabar menunggu blog kamu terbuka. Sebagian dari mereka memilih untuk pergi dan membuka blog lain yang mereka temukan di mesin pencari.

Judul yang menarik

Ini penting untuk blog yang banyak pengunjung datang dari mesin pencari. Judul yang menarik bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Kebanyakan pengunjung setelah mengetik kata kunci di mesin pencari (misal: Google), mereka akan seleksi dari blog yang muncul dengan berbagai judul dan yang menarik akan menjadi pilihan yang pertama untuk mereka buka.

Update secara konsisten

Blog yang mempunyai nama yang unik mudah di ingat, topik dan konten, desain, kecepatan dan judul artikel yang menarik tidak cukup untuk menghipnotis pengguna untuk kembali berkunjung. Untuk itu perlu kamu pertimbangkan membuat konten setiap hari secara konsisten. Tidak perlu puluhan artikel per hari. Cukup 1 sampai 2 saja setiap hari, maka pengunjung akan datang lagi untuk melihat update terbaru kamu. Pastinya kamu telah membuat konten-konten yang berkualitas.

Dari semua tips di atas tentunya bukan semua tips agar blog ramai pengunjung. Pendukung SEO seperti backlink juga penting dan blogwalking untuk mengajak blogger lain berkunjung juga bagian dari tips agar blog ramai pengunjung. Selain itu kamu juga bisa share artikel blog kamu ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Google Plus.

Jangan terpengaruh dari blogger yang menyatakan share di sosial media (sosmed) itu tidak baik, terutama bagi yang bermain Google AdSense. Mereka menyatakan bahwa share artikel di sosmed tidak akan mendapat harga klik yang tinggi. Itu tidak selalu benar, Google punya cara sendiri dalam melihat minat pembaca. Mereka menggunakan algoritma komputer untuk menentukan minat pengunjung sehingga iklan yang muncul sesuai dengan minat pengunjung dan tentunya topik blog kamu.

Ada banyak tips blogging yang bermanfaat. Mungkin saya akan tulis artikel tentang blogging di lain kesempatan.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan

Berawal dari Iseng, Ternyata Bisa Menghasilkan Rp 7,5 Juta Per Bulan