Awal Mula Ngeblog Tahun 2005 Hingga Mengenal Google AdSense

Setiap orang memiliki kisah dan inspirasi pertama kali mereka ngeblog, termasuk saya yang memulai membuat blog pertama tahun 2005 dimana saya membaca salah satu berita tentang seorang anak kecil juara lomba ngeblog. Dari situ saya mencari tahu apa itu blog? Setelah membaca artikel di internet saya mengetahui bahwa blog merupakan digital diary dimana orang-orang menulis apa kegiatan mereka, apa yang ingin mereka tulis seperti curhatan dan lain-lain.

Saya berpikir blog lebih dari sekedar Friendster, jejaring sosial paling ngetop saat itu sebelum munculnya Facebook. Saya melihat banyak artis-artis yang mempunyai blog saat itu, mereka kebanyakan memposting artikel foto-foto mereka, maklum saja saat itu belum ada Instagram.

Hari demi hari saya selalu bermain blog di warnet, belum memiliki laptop sendiri, smartphone dan jaringan internet. Aktivitas ngeblog stop, hanya beberapa hari dalam setahun dan saya kembali tahun 2009. Seperti pertama kali, ngeblog hanya satu sampai dua bulan saja kemudian berhenti dan blog terabaikan.

Awal Mula Ngeblog Tahun 2005 Hingga Mengenal Google AdSense

Tahun 2010 masih ngeblog dan masih seperti biasanya ngeblog hanya musiman. Sebenarnya maklum saja karena saat itu ngeblog tidak menghasilkan apa-apa. Pada tahun 2012 saya membuat blog berdasarkan hobi dan apa yang saya suka, yakni dunia bisnis, peluang usaha dan tentunya blogging. Saya mulai mengenal blog sebagai penghasil uang dari iklan yang ditempatkan di blog yang saya punya.

Saya berburu situs-situs jaringan periklanan di Indonesia, saat itu Klik Saya bisa menjadi pilihan. Sayangnya, traffic blog tidak memungkinkan. Di tahun yang sama saya mengenal Google AdSense (GA), jaringan periklanan milik Google sang raksasa internet. Saya tidak bisa mendaftar, blog blogspot di tolak. Saat itu belum mengenal sepenuhnya GA, daftar saja tanpa mengetahui lebih lanjut tentang GA.

Pada tahun 2014, berawal dari bosannya menjadi karyawan dan ingin mencari pekerjaan sampingan yang mungkin bisa menjadi pekerjaan utama suatu saat nanti, saya browsing di internet tentang cara mencari uang dari internet. Akhirnya, saya menemukan kembali Google AdSense dan kali ini saya benar-benar ingin belajar GA, membaca TOS dan saran-saran dari blogger yang telah lebih dulu mengenal GA.

Hanya dalam waktu 2 hari saya belajar, kemudian saya memutuskan untuk membeli domain di salah satu web hosting di Indonesia. Blog pertama saya www.adyblog.com. Saya mulai mengisi artikel setiap harinya dengan kategori gado-gado, menulis apa yang saya ketahui. Bahasa yang amburadul tidak saya pedulikan, mungkin juga disitu terlihat unik. Tepat 3 minggu kemudian saya mendaftar di Google AdSense dengan 37 artikel di blog saya.

Luncunya, setelah mendaftar dan diterima pada tahap review pertama. Saya membiarkan saja tanpa menempatkan kode iklan selama satu minggu. Merasa lama saya membaca kembali pemberitahuan dari GA, ternyata saya harus membuat kode iklan dan menempatkan di situs saya. Tengah malam saya menempatkan kode iklan dan malam berikutnya tepat tanggal 15 September 2014 akun saya diterima sepenuhnya oleh Google AdSense. Tidak ada yang membuat saya lebih bahagia saat itu.

Seperti yang di alami oleh blogger lainnya, saya membuat banyak blog dan tidak fokus pada satu blog saja. Saya berpikir banyak blog banyak pendapatan, padahal blog terbengkalai dan tidak di update tiap harinya. Selain itu, saya juga mendandani blog setiap harinya yang juga pernah dialami oleh setiap blogger.

Tahun 2015 saya menembus penghasilan $1000. Sungguh pencapaian yang luar biasa dari kerja keras selama fokus ngeblog. Cerita pahit manisnya pasti ada dan akan saya ceritakan pada artikel selanjutnya.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan