Awal Mula Bermain AdSense Pada Tahun 2014

Setiap blogger punya cerita awal mula mereka bermain AdSense, termasuk saya. Awal mula saya mendaftar dan diterima oleh Google AdSense (GA) pada tahun 2014 (Haha..ternyata masih anak kemarin sore). Ya, tahun 2016 ini saya sudah 2 tahun bersama GA.

Meski masih pemain baru, sebenarnya saya sudah lama kenal dengan Google AdSense, hanya saja baru tahun 2014 serius dan menjadikan GA sebagai prioritas mencari uang di internet. Sebelumnya tahun 2010 dan 2012 pernah daftar GA, tapi hanya daftar saja tanpa pernah membaca sedikitpun petunjuk dari Google, saya hanya membaca sekilas saja di blog teman saya.

Mengapa baru di tahun 2014 serius dengan bermain AdSense?

Awal Mula Bermain AdSense Pada Tahun 2014

Jadi ceritanya begini. Pada tahun 2014 saya mulai memikirkan tentang pekerjaan saya, kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan di bidang proyek jalan. Pada Agustus 2014 saya berpikir tentang bekerja sendiri (self-employed). Mungkin saat itu sudah bosan kali ye menjadi karyawan?

Ya, pada pertengahan Agustus saya mulai berpikir bagaimana caranya mendapatkan kerja sampingan, tapi saya tetap bekerja. Saat itu saya langsung browsing dengan kata kunci "cara mencari uang dari internet".

Hasilnya, saya menemukan cara mencari uang lewat blog bersama Google AdSense. Nah, sungguh kebetulan saya suka ngeblog sejak tahun 2005 (walaupun hanya blogger musiman). Akhirnya saya benar-benar belajar tentang GA. Dalam waktu 2 hari saya memutuskan untuk membeli domain, yaitu www.adyblog.com. Jadilah saya membangun sebuah blog TLD, selama ini hanya blogspot doang.

Selama 2 minggu saya menulis hingga tanpa saya sadari sudah ada 37 artikel. Saya langsung mendaftarkan blog tersebut ke Google AdSense meski dari membaca saya menemukan tutorial yang menyebutkan blog harus berumur 3 bulan dan memiliki minimal 60 artikel. Saya tidak peduli karena yakin diterima.

Di umur blog 2 minggu saya mendaftar dan lolos review pertama, lanjut ke pembuatan iklan pertama dan menempatkan kode iklan di dalam blog saya. Bodohnya, saat itu saya membuat kode iklan pertama tapi tidak menempatkan kode tersebut kedalam blog saya sampai seminggu lamanya.

Saya mulai khawatir sob, sudah seminggu blog saya tidak ada kabar. Akhirnya saya membuka email dan membaca email dari GA. Ternyata, tidak hanya membuat kode iklan pertama saja. Saya juga harus menempatkan kode tersebut kedalam blog.

Setelah saya menyadari hal itu, barulah saya menempatkan kode iklan tersebut kedalam blog saya, tepatnya tengah malam sebelum pergantian tanggal.

Dan, malam berikutnya sekitar jam 8 malam saya menerima email dan GA yang menyatakan akun saya diterima sepenuhnya dan saya akan melihat iklan tayang dalam beberapa saat lagi. Sungguh saat itu tidak ada yang lebih membuat saya bahagia melihat email tersebut sampai saya tidak membaca email sepenuhnya, cukup membaca kata "selamat" saja.

Dua hari kemudian saya mendapatkan penghasilan $0.04. Sungguh penghasilan yang memberi semangat luar biasa.

Sekarang saya sudah lumayan menghasilkan meski hanya cukup untuk beli paket internet saja. Tapi, saya sangat senang bisa mendapatkan penghasilan. Rencananya tahun ini akan menjadi full-time blogger.

Comments

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Bokeh Seperti DSLR

Bukti Penghasilan Menulis di UC News Selama Satu Minggu

Cara Jadi Youtuber Modal HP Android, Lengkap dengan Aplikasi yang Dibutuhkan